Lihat Dulu Kelebihan Mobil Listrik dan Kekuranganya !

kelebihan mobil listrik

Penting untuk disadari bahwa mobil listrik berubah secara terus menerus dimasa ini dan teknologinya pun masih terus berkembang. Akhir akhir ini semakin banyak perusahaan otomotif yang menawarkan mobil listrik diberbagai negara. Termasuk dinegara kita ini. Sebelum kita membelinya, alangkah baiknya kita mengetahui apa kelebihan mobil listrik dan kekurangan dari kendaraan tersebut.

Mobil listrik adalah kendaraan yang menggunakan mesin bertenaga baterai yang dapat diisi ulang sebagai pengganti dari mesin yang menggunakan bensin yang sekarang ini kita banyak gunakan.

Apa saja  Kelebihan Mobil Listrik?

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita miliki dari mobil listrik termasuk:

  • Mobil listrik lebih ramah untuk lingkungan
  • Listrik bisa menjadi sumber daya terbarukan, ketika bahan bakar bensin sudah tidak ada lagi
  • Mobil listrik juga membutuhkan perawatan yang lebih murah dan lebih jarang daripada mobil biasa
  • Mobil listrik lebih senyap atau tidak bising dari mobil berbahan bakar bensin
  • Dinegara lain ada kredit pajak yang tersedia untuk pemilik mobil listrik
  • Di beberapa negara terdapat jalur jalan raya khusus untuk mobil listrik

Mobil  listrik ramah untuk Lingkungan

Banyak pembeli mobil yang yakin mereka akan beralih ke mobil listrik karena lebih baik bagi lingkungan. Karena kendaraan listrik sepenuhnya (bukan hibrida) tidak menggunakan sistem pembuangan, mereka tidak mengeluarkan emisi. Tanpa memompa asap apapun yang mengotori udara seperti yang dilakukan mobil mesin bensin, mobil listrik dapat membantu menjaga  udara yang lebih bersih dan lebih sedikit  efek gas rumah kaca.

Listrik Bisa Menjadi Sumber Terbarukan,Ketika Bensin Tidak Sudah Tidak Ada

Mobil listrik dapat diberdayakan secara alami dengan sumber daya terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan air. Berbeda dengan  Bensin, bagaimanapun, dibuat menggunakan minyak, yang merupakan sumber daya alam, tetapi tidak terbarukan. Bagi mereka yang ingin lebih banyak mengalirkan energi terbarukan, memasang panel surya di rumah Anda bisa  memberi daya pada mobil listrik di garasi Anda.

Listrik juga lebih murah daripada gas. Mobil listrik biasanya menghabiskan sepertiga biaya kendaraan bertenaga gas. Banyak kendaraan listrik juga menggunakan pengereman regeneratif untuk menambah energi yang dibutuhkan mobil untuk berjalan, yang sepenuhnya bebas biaya.

Mereka Membutuhkan Perawatan Yang Lebih Murah dan Lebih Sedikit

Tanpa menggunakan bahan bakar bensin, mobil listrik tidak membutuhkan oli. Itu berarti tidak ada lagi penggantian oli. Juga, Anda akan melupakan perawatan dan perbaikan lain yang terkait dengan mesin gas yang memusingkan. Mobil listrik biasanya lebih mudah di rem dan menyebabkan penggantian rem lebih sedikit .

Mereka Lebih Senyap (Tidak Bising) Dari Kendaraan Berbahan Bakar Bensin

Mobil listrik bekerja dengan sangat pelan, terutama saat beroperasi penuh dengan tenaga baterai. Di beberapa negara lain, mereka  telah mempertimbangkan untuk mewajibkan mobil listrik dipasang pembuat kebisingan agar pejalan kaki tahu bahwa terdapat mobil yang akan datang. Contohnya , mobil listrik Jaguar i-Pace 2019 menambahkan suara mesin pada kendaraan. Peraturan ini juga diterapkan di Indonesia.

Dinegara lain, Ada Kredit Pajak yang Tersedia untuk Pemilik Mobil Listrik

Pemilik asli mobil listrik dapat menerima kredit atas pengembalian pajak mereka hanya karena memiliki mobil yang ramah bagi lingkungan. Anda harus mengetahui detail kecil yang selalu menyertai situasi pajak seperti ini, tetapi Anda bisa mendapatkan kredit sebesar  7500  dollar di beberapa negara bagian untuk mobil tertentu. Merek dan model tertentu menerima jumlah kredit yang berbeda. Yang jadi pertanyaan, apakah dinegara kita juga akan menerapkan sitem kredit pajak bagi pengguna mobil listrik?

Di Beberapa Negara Terdapat  Jalur Tol Khusus untuk Mobil Listrik

Beberapa jalan raya utama memiliki jalur (kendaraan dengan kapasitas tinggi) yang dapat melewati lalu lintas selama jam sibuk. Ini dikenal sebagai jalur carpool, tetapi ini juga tersedia untuk pengemudi yang menggunakan mobil listrik. Meskipun mobil listrik Anda hanya membawa Anda, Anda berhak menggunakan jalur khusus ini.

Apa Kerugian Memiliki Mobil Listrik?

Selain mempunyai kelebihan mobil listrik juga ada beberapa kelemahan dan kerugian yang harus anda ketahui ketika kita memilikinya, di antaranya:

  • Kendaraan ini memiliki jarak tempuh  yang lebih pendek daripada mobil bahan bakar bensin
  • Mengisi ulang baterai membutuhkan waktu yang lumayan lama
  • Mobil Listrik biasanya lebih mahal daripada mobil biasa
  • Masih sulit untuk menemukan stasiun pengisian daya
  • Tidak banyak pilihan  model

Mobil listrik memiliki jarak tempuh  yang lebih pendek daripada mobil bahan bakar bensin

Meskipun perusahaan otomotif menemukan semakin banyak cara untuk membuat mobil listrik melangkah lebih jauh, mereka masih memiliki jarak tempuh yang lebih pendek daripada mobil biasa. Biasanya, mobil listrik dapat menempuh jarak antara 60 dan 160 KMl dengan  kapasitas muatan penuh. Sedangkan untuk mobil bahan bakar bensinrata rata dapat  mencapai 640KM dengan pengisian full tank.

Mengisi Ulang Baterai Membutuhkan Waktu

Pengisian tangki bensin biasanya memakan waktu hingga tiga menit di SPBU, sedangkan untuk mengisi ulang baterai mobil listrik membutuhkan waktu lebih lama. Tergantung pada modelnya, mobil listrik terkadang membutuhkan waktu hingga 20 jam untuk terisi penuh. Model yang lebih baru dan lebih mahal dapat mengisi daya secepat empat jam. Namun, memiliki stasiun pengisian daya di garasi Anda membantu membuat ini lebih mudah dikelola dan  untuk membantu mengurangi waktu pengisian.

Mobil Listrik Biasanya Lebih Mahal Daripada Mobil Berbahan Bakar Bensin

Dikarenakan model dan mobil listri ini masih langka, harga mobil listrik tentunya akan lebih mahal daripada mobil biasa. Perusahaan mobil listrik juga masih sedikit yang memproduksinya. Berbeda halnya jika mobil listrik ini sudah banyak digunakan. Tentunya harga dari mobil ini bisa jadi akan sama dengan mobil berbahan bakar bensin.

Masih Sulit Menemukan Stasiun Pengisian Daya

Beberapa negara mungkin sudah memiliki banyak stasiun pengisian kendaraan listrik (EV) di berbagai tempat parkir dan di pinggir jalan. Namun dinegara kita masih sangat minim dan mungkin masih bisa dihitung. Perjalanan darat akan menjadi sulit dilakukan dengan mobil listrik.Tentunya  Anda tidak dapat membawa stasiun pengisian daya saat anda bepergian. Namun dengan kemajuan dan banyaknya produksi mobil listrik, maka tidak menutup kemungkinan akan ada banyak stasiun pengisina daya dinegara kita.

Masih Sedikit Pilihan Model

Mobil listrik tidak seperti mobil berbahan bakar bensin. Mobil listrik mulai ada sekitar tahun 90an. Namun mobil berbahan bakar bensin sudah hampir 100 tahun lebih diproduksi secara masal diseluruh dunia. Dengan sejarah yang lebih sedikit, model mobil listrik ini memang masih dalam tahap berkembang daripada mobil bahan bakar bensin. Namun dengan berkembang pesatnya teknologi dimasa ini, tidak menutup kemungkinan mobil bahan bakar gas akan tersingkirkan dan diganti dengan mobil bertenaga listrik. ya, mungkin saja.

Ada banyak kelebihan mobil listrik, terutama jika kita peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Jadi, tidak ada salahnya membeli mobil listrik. Apalagi mobil tersebut hasil karya anak bangsa. Tentunya kita harus bangga dengan ini semua.

Artikel Populer Lainnya

Leave a Comment