Kaca Film Mobil Memang Diperlukan untuk Anda

kaca film

Bila kita Memiliki sebuah mobil, tentu kita akan menyesuaikan segala interior dan eksterior agar berkendaraan terasa semakin nyaman. Salah satunya adalah pemasangan kaca film mobil. Saat anda membeli, sebaiknya anda mengetahui dan bertanya apakah unit ini tersebut dilengkapi dengan kaca film berikut merk nya. Kenapa ini penting? karena kebanyakan orang mengganti kacafilmnya, pasalnya kacafilm bawaan mobil ini mungkin kurang begitu bagus dan kurang nyaman saat berkendara.

Setiap mobil memerlukan kacafilm untuk melindungi tiap penumpang didalamnya dari panasnya terik matahari. Kaca film bener bener efektif untuk menampis gelombang UV (ultraviolet) dan gelombang IR (infra merah) yang bisa membuat udara gerah didalam kabin. Fungsi utama dari kaca film mobil ini terkait dengan spesifikasi kacafilm yang melekat didalamnya.

Syarat Spesifikasi Kaca Film Mobil yang Berkualitas

  • UVR/UVLR (Ultraviolet Rejection)

Spesifikasi ini jelas menunjukkan kepada kita kemampuan suatu kaca film untuk menyaring atau mengurangi sinar ultraviolet yang masuk ke kabin mobil. Diukur dalam bentuk persentase. Jika semakin tinggi persentasenya, maka semakin besar pula sinar ultraviolet yang ditepisnya.  Kulit anda akan semakin aman, dashboard interior mobil Anda pun juga tidak gampang pudar karena sinar matahari.

  • VLT (Visible Light Transmittance)

Parameter spesifikasi ini memperlihatkan kemampuan kacafilm untuk meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil. ya artinya, kemampuan kaca film untuk membuat pengendara kita ini melihat keadaan diluar. tetap ya Hitungannya dalam persentase. Jika emakin kecil persentasenya, maka akan semakin gelap kaca filmnya. Misalkan,  jika VLT 5%, maka kegelapan kaca film ini bisa mencapai 80%. tetapi jika kaca film memiliki VLT 70%, maka kegelapan kaca film ini hanya 10-15%.

  • TSER (Total Solar Energy Rejected)

Jika spesifikasi UVR atau VLT mengukur sinar ultraviolet dan cahaya yang masuk kabin, maka TSER ini akan mengukur total energi matahari yang bisa ditapis kaca film. Ukurannya dalam persentase. Semakin besar angka, maka energi yang ditapis ini juga semakin besar pula. Hasilnya ya tentu saja kabin akan semakin adem.

  • IRR (Infrared Reflectance/Rejected)

Selanjutnya spesifikasi kaca film yang perlu diperhatikan adalah IRR. Parameter satu ini menjadi ukuran besarnya kemampuan kaca film dalam menapis sinar inframerah. Semakin besar persentase, maka semakin bagus kaca film dalam menolak sinar inframerah, kabin mobil menjadi lebih sejuk.

Manfaat KacaFilm Mobil

Manfaat kaca film ini tidak hanya berfungsi agar tidak bisa dilihat dari luar atau agar terlihat lebih stylish, tetapi terdapat manfaat lain yang jauh lebih penting. Apa sajakah manfaat dari pemasangan kaca film mobil ini.

  • Pelindung Sinar UV

Mungkin Fungsi ini adalah yang paling utama yaitu untuk mengurangi sinar matahari yang akan masuk kedalam kabin. Dimana cahaya matahari ini bisa menimbulkan pancaran gelombang infra merah dan ultraviolet (UV) pada kulit. Kacafilm membantu mengurangi efek paparan cahaya matahari bagi penumpang mobil.

  • Meningkatkan Tampilan Mobil

Kebanyakan sih karena fungsi ini, Tampil beda dan bergaya kini menjadi peran penting dalam memilih kaca film. Mengganti Kacafilm ini dianggap dapat memberikan nilai eksklusif dan estetika pada mobil. Ketersediaan dalam berbagai warna dan tingkat persentase kegelapan yang bisa disesuaikan dengan warna dan karakter mobil anda.

  • Efisiensi Energi

Fungsi kaca film mobil yang ketiga adalah untuk memberikan efisiensi energi mobil. Kaca film dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk ke kabin, sehingga mencegah kenaikan temperatur dalam mobil serta membantu menjaga aktifitas pendingin ruangan tidak berlebihan dan membuat mobil semakin irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

  • Menjaga Privasi

Alih alih menjaga privasi menjadi unsur penting disaat kita berkendara. Fungsi ini untuk menjaga privasi pengendara dan penumpang yang berada di ruang kabin. Dimana orang-orang dari luar mobil tidak bisa leluasa melihat kedalam kabin maupun aktivitas penumpang di dalamnya karena terhalang kacafilm ini.

  • Mengurangi Resiko Kejahatan

Sebenarnya Fungsi ini tidak ada hubungannya karena memang secara otomatis pemasangan kaca film mobil bisa mengurangi risiko kejahatan. Kenapa? karena dapat menghalangi pandangan orang dari luar terhadap barang bawaan yang ada di dalam mobil. Hal ini paling tidak akan mempersulit orang yang berniat mengambil barang berharga di dalam mobil atau melakukan sesuatu terhadap penumpang di dalam mobil.

Itu lah beberapa fungsi utama kaca film mobil yang harus kita ketahui ya, supaya kita tidak asal asalan memasang kacafilm.

Leave a Comment