Arti Nomor Rangka Mobil

arti nomor rangka

Seperti kita ketahui bersama, bahwa keberadaan deretan nomor rangka mobil motor adalah suatu yang pasti ada dan melekat disetiap mobil. Deretan huruf dan angka tersebut tentu memiliki arti untuk identifikasi pembuatan dari setiap mobil tersebut. Mulai dari negara mana mobil itu dibuat, tahun berapa, merk, jenis mesin, penggerak roda, berat mobil dll.

Setelah anda mengetahui deretan nomor rangka mobil yang dimiliki, anda langsung bisa mengetahui bagaimana mobil itu dirakit. Format nomor ini disusun mengikuti standar internasional(VIN). Di indonesia mengacu ke standar ISO3779, dimana menurut standar ISO3779 terdiri dari 17 digit huruf dan angka.

deretan nomor rangka
deretan nomor rangka

Ke 17 digit nomor rangka ini dibagi menjadi 3 bagian, bagian pertama World Manufacture Identifier (WMI) meliputi 3 digit pertama, bagian kedua Vehicle Descriptor Section (VDS) meliputi 4-9 digit berikutnya, bagian ketiga Vehicle Identifier Section (VIS) meliputi 8 digit terakhir.

Kita akan ambil salah satu contoh berikut, nomor rangka ini

Nomor Rangka MHCTBR54F1K126467

Tiga digit pertama WMI yang menunjukan identitas produsen kendaraan adalah MHC. Digit pertama dan digit kedua yaitu MH menunjukan negara dimana kendaraan ini dibuat. Untuk negara indonesia diberikan kode antara MF s/d MK. Jadi untuk kendaraan ini dibuat diIndonesia. Digit ketiga yaitu C menunjukan kode lokasi asal produsen kendaraan. Untuk kendaraan contoh ini C merupakan kode untuk kendaraan isuzu yang dirakit oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

KODE NEGARA PEMBUATKODE PRODUSEN diINDONESIA
JA-JO = JEPANG
LA-LO = CINA
MA-ME = INDIA
MF-MK = INDONESIA
ML-MR = THAILAND
PL-PR = MALAYSIA
RL-RR = VIETNAM
SA-SM = INGGRIS
WA-WO = JERMAN
1A-1O = AMERIKA
4A-4O = AMERIKA
5A-5O = AMERIKA
6A-6W = AUSTRALIA
C = ISUZU
F = TOYOTA
K = DAIHATSU
R = HONDA
Y = SUZUKI










Enam digit berikutnya TBR54F disebut Vehicle Descriptor Section atau kode VDS yang berisikan tentang tipe kendaraan diantaranya jenis mesin, model kendaraan, dan tipe body kendaraan. Digit ke empat T menunjukan model kendaraan, digit kelima B menunjukan berat kendaraan, digit keenam R menunjukan tipe penggerak roda 2, digit ke tujuh dan delapan 54 menunjukan tipe mesin isuzu 4JA1. Digit ke sembilan F merupakan cek digit produsen.

Enam digit VDS Ini digunakan masing-masing produsen mobil untuk mengidentifikasi jenis kendaraan yang mencakup informasi platform mobil yang digunakan, model, tipe kendaraan, jenis mesin hingga posisi setir(kanan atau kiri). Masing-masing produsen memiliki sistem yang unik dan berbeda untuk mendesikripsikan rangkaian angka di urutan ke 4 hingga 9 ini, sayangnya pabrikan menyimpan informasi ini untuk tidak diketahui secara luas.

Barisan 8 digit berikutnya yaitu 1K126427 merupakan Vehicle Identifier Section (VIS). Digit ke sepuluh yaitu 1 menunjukan tahun mobil ini dirakit yakni tahun 2001. Digit ke sebelas yaitu K merupakan kode assy plant. kemudian untuk digit ke12-digit17 yaitu 126427 merupakan urutan produksi dari assy plant.

Related posts

Leave a Comment